Tutup 2021, Bupati Flores Timur Lantik 261 ASN Kedalam Jabatan Fungsional

By Admin HJ 01 Jan 2022, 17:18:46 WIB Daerah
Tutup 2021, Bupati Flores Timur Lantik 261 ASN Kedalam Jabatan Fungsional

BUPATI Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Antonius Gege Hadjon, Jumad (31/12/2021) menutup tahun 2021 dengan melantik 261 ASN di lingkup Pemda Flotim.

Bertempat di Aula OMK Keuskupan Larantuka, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Jabatan Administrasi yang disetarakan dalam Jabatan Fungsional Lingkup Pemerintah Kabupaten Flores Timur ini, sejalan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI,  NOMOR 17 TAHUN 2021,

tentang penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Baca Lainnya :

Selain penyetaraan Jabatan dari Kepala Sub Bagian atau Sub Bidang ke jabatan Fungsional, ada pula dari Jabatan Kepala Bidang yang berada di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu menjadi jabatan Fungsional.

Bupati Flotim, Antonius Gege Hadjon dalam sambutan usai melantik 261 ASN menyebutkan, jabatan fungsional lebih menekankan pada keahlian dan kompetensi, sehingga proses kerja di birokrasi lebih cepat. Pejabat fungsional pun dapat lebih dinamis dalam mengambil keputusan atas persoalan publik.

"Sebagai bentuk responsivitas Pemerintah Kabupaten Flores Timur  mewujudkan penyederhanaan birokrasi, diganti dengan jabatan fungsional yang menekankan pada keahlian dan kompetensi sebagaimana disampaikan Presiden RI dalam pidato pelantikannya untuk kali kedua pada tanggal 20 Oktober 2020," ujar Bupati Hadjon.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan penyederhanaan Struktur Organisasi, analisis Jabatan Fungsional yang sesuai dengan ketentuan dan regulasi sampai dengan pengusulan Pejabat Admnistrasi yang akan dialihkan ke jabatan Fungsional.

Bupati Hadjon mengatakan, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi Penyetaraan Jabatan di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT terhadap usulan, maka disetujui untuk melakukan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional melalui surat Nomor: B/712/M.SM.0200/2021, tanggal 7 Desember 2021. Berdasarkan persetujuan Menteri Dalam Negeri tersebut maka Bupati diberikan mandat untuk melantik pejabat Administrasi yang disetarakan kedalam Jabatan Fungsional sebanyak 261 jabatan dengan angka kredit dan mekanisme sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Flores Timur mengucapkan selamat bekerja kepada para pejabat Fungsional yang baru dilantik, saya berharap dapat segera beradaptasi dengan Jabatan Fungsional di lingkungan kerja masing-masing dan teruslah bekerja keras, jangan pernah merasa lelah namun terus berlomba dalam berinovasi dan berkreatifitas menuju Smart ASN di Kabupaten Flores Timur tercinta menuju Flores Timur Sejahtera Dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata," ujar Bupati Hadjon.

Menpan RB melalui Kemendagri memberi batas waktu hingga 31 Desember 2021 bagi daerah untuk melaksanakan penyetaraan jabatan administratif ke jabatan fungsional

Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon menegaskan, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menghendaki adanya perubahan kongrit dalam Reformasi Birokrasi Pemerintahan, maka diperlukan adanya penyederhanaan birokrasi pada Instansi Pemerintah, cukup dengan dua level dan diganti dengan Jabatan Fungsional yang menekankan pada keahlian dan kompetensi, sehingga proses kerja di birokrasi lebih cepat dan lebih dinamis dalam pengambilan keputusan. (S/Hj).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda