Ribuan Umat Katholik Di Lembata Rayakan Misa Paskah

By Admin HJ 04 Apr 2021, 21:41:55 WIB Sekitar Kita
Ribuan Umat Katholik Di Lembata Rayakan Misa Paskah

Keterangan Gambar : Suasana Misa Malam Paskah


RIBUAN umat Katholik di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (3/4/2021), malam, merayakan misa Paskah.

Meski animo umat untuk mengikuti kurban Misa sangat tinggi, namun pihak Keamanan dan pihak Gereja membatasi umat, demi penerapan protokol kesehatan, jaga jarak. Umat yang hendak memasuki gerejapun diwajibkan mengenakan masker.

Sementara aparat keamanan gabungan yakni Linmas, Pramuka, Dinas Perhubungan,  Polri dan TNI, tampak berjaga-jaga di halaman luar gereja.

Baca Lainnya :

Sebelumnya, aparat kepolisian melakukan sterilisasi gereja dengan mengerahkan metal detektor.

Pemandangan tersebut terjadi hampir di seluruh gereja di wilayah Kabupaten Lembata.

Di Gereja St. Arnoldus Jansen Waikomo, Dekenat Lembata, Keuskupan Larantuka, misa Malam Paskah dipimpin Pastor Paroki setempat, Pater Yosep Ola Sabhe, SVD.

Pelaksanaan misa Malam Paskah ditandai penyalaan lilin Paskah. Dalam keyakinan Katholik, lilin Paskah menjadi simbol cahaya Kristus yang sudah ada di tengah umatnya untuk mengubah kelamnya hari-hari hidup manusia.

Momentum Paskah juga ditandai Pembaharuan Janji Baptis. Dalam misteri Paskah, manusia dikuburkan bersama Kristus supaya bersama DIA, manusia menghayati hidup yang baru.

Menurut Pastor Paroki St. Arnoldus Janssen Waikomo, Pastor Yosep Ola Sabhe, Paskah adalah perayaan Agung atau puncak perayaan, ketika Umat Katholik memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut.

Selama 40 hari, umat Katholik menjalani puasa dan mati raga, guna mengikuti sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus.