Pandemi Covid Tak Mempan Bendung Ekspresi Kecintaan Pada NKRI di Larantuka

By Admin HJ 17 Agu 2021, 05:15:32 WIB Sekitar Kita
Pandemi Covid Tak Mempan Bendung Ekspresi Kecintaan Pada NKRI di Larantuka

BIASANYA dandanan seperti ini dijumpai dalam setiap kegiatan karnaval memeriahkan hari Kemerdekaan NKRI. Namun pada HUT NKRI ke 76, dandanan seperti ini hanya di kenakan di rumah saja.

Nola, Siswi Kelas 2 SDK La Mennais, kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, tampak gagah.

Seperti pejuang jaman kemerdekaan dahulu, kepalanya berhias kain merah putih. Tak lupa Bendera merah putih di gengamnya. Putri cilik ini pun semakin cantik mengenakan sarung tenunan khas Larantuka.

Baca Lainnya :

Ia tampak terampil menggunting, merekatkan dan membentuk pola dengan nuansa merah putih. Semua aktivitas itu divideokan.

Gadis cilik pun berganti kostum. Kali ini ia mengenakan Seragam merah putih, kemudian membacakan puisi yang di karang sang ibunda. Puisinya bertema kemerdekaan NKRI ke 76.

Biasanya, sistim daring di sekolah Dasar itu dipergunakan hanya untuk belajar, namun jelang peringatan HUT kemerdekaan RI ke 76, para Guru di SD tersebut menggantinya dengan kegiatan bernuansa kebangsaan.

Begitu dahsyatnya Pandemi covid-19 sampai-sampai merubah tata cara para siswa di SDK La Mennais Larantuka merayakan hari kemerdekaan Negara. Biasanya ada karnaval dan perlombaan meriah dan masal.

Beruntung, teknologi informasi mendukung pola komunikasi para siswa dengan gurunya. Pandemi Covid-19 pun tidak mampu menghalangi para siswa untuk mengekspresikan rasa syukur atas hari kemerdekaan NKRI ke 76.

Tak hanya Nola, Siswa kelas 1 Sampai kelas 6 di SDK Le Mennais lainnya, mendapat tugas serupa, mengekspresikan kecintaan merka kepada NKRI.

Jadilah, ratusan siswa di sekolah itu beramai ramai mengenakan busana bertema kebangsaan, meski dari rumah masing-masing.

Servasius Demon Da Santo, Guru Wali Kelas Dua, SDK La menais, kepada media ini, Senin (16/8/2021) menjelaskan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 juga sekaligus untuk meningkatkan rasa nasionalisme para peserta didik.

"Di sekolah kami tepatnya SDK La Mennais sudah memulai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI ke 76 dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Untuk lomba ini semua anak-anak terlibat dalam segala kreativitasnya. Semua orang tua sangat mendukung kegiatan ini walaupun tidak seefektif seperti pada tahun-tahun kemarin sebelum covid. 

Adapun kegiatannya yaitu untuk kelas rendah 1- 3 . Membuat kartu ucapan kemerdekaan, membaca puisi dan bernyanyi lagu kemerdekaan dengan gerakan sesuai kreasi anak-anak.

Sedangkan untuk anak-anak kelas tinggi 4-6 membuat kartu ucapan atau poster kemerdekaan, bercerita seputar kemerdekaan RI, dan bernyanyi lagu kemerdekaan dengan gerakan sesuai kreasinya. Semuanya divideokan dan dikirim untuk dinilai para Guru.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa merangsang kreativitas anak-anak ditengah pandemi ini," ujar Servasius Demon Da Santo, Guru Wali Kelas Dua, SDK La Menais.

Namun, Guru ini berharap, wabah virus Corona cepat berlalu supaya segala aktivitas berjalan seefektif dan sesuai harapan (*S/Hj).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda