KKNT-PPM UNWIRA Mulai Gelar Pelatihan Penguatan BUMDes di Desa Tablolong

By Admin HJ 23 Jul 2022, 18:34:39 WIB Daerah
KKNT-PPM UNWIRA Mulai Gelar Pelatihan Penguatan BUMDes di Desa Tablolong

Press release: Gerard D Tukan

UNWIRA Kupang, dalam masa kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKNT-PPM), menggelar kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di sejumlah titik dalam wilayah kabupaten Kupang. Kegiatan diawali  di Desa Tablolong, Sabtu, 23 Juli 2022.

Kepala Desa Tablolong, Zet Nggadas, .dalam sambutannya membuka pelatihan, mengemukakan bahwa pelatihan yang dilakukan, diharapkan dapat menjadi energy baru bagi BUMDes di kedua desa untuk menghidupkan dan mengembangkan BUMDes bagi kemajuan desa. 

Baca Lainnya :

“Selama ini kita di desa menjalankan dan mengolah BUMDes sesuai kemampuan pikiran kita, yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab BUMDes tidak jalan baik. Pelatihan yang kita ikuti ini menjadi gambaran bagi kita untuk membenah BUMDes. Kita berterima kasih kepada kampus UNIKA Kupang karena lakukan KKN di desa kita, Tablolong dan Oenaek, dan sekarang mereka bagi ilmu gratis untuk kita. Kita harus bersyukur,” Ungkap Zet.

Peserta kegiatan pelatihan dua hari ini berasal dari desa Tablolong dan Desa Oenaek, kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. 

Komponen masyarakat yang diundang mengikuti pelatihan tersebut adalah aparat desa, pengelola BUMDes, Pegiat UMKM, tokoh masyarakat dan perwakilan mahasiswa UNWIRA peserta KKNT-PPM dari kedua desa tersebut.

Adapun Jumlah peserta yang menghadiri kegiatan hari pertama tersebut sebanyak 25 orang, dari target 30 peserta.

Tampil membawakan materi pelatihan pada hari pertama yaitu Erly Grizca Boelan, S.Si., M.Si., dosen Kimia FKIP UNWIRA Kupang  yang membawakan materi Mekanisme Pembentukan BUMDes dan Pendaftaran Badan Hukum BUMDes secara Online, disusul oleh Paulus A.K.L. Ratumakin, S.Fil., M.Si, dosen FISIP UNWIRA yang menyajikan materi dengan topic; Penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) BUMDes.  

Usai makan siang, Adrianus Ketmoen, S.E., M.M, dosen Fakultas Ekonomi UNWIRA menyajikan materi dengan topic Penataan Administrasi dan Keuangan BUMDes. 

Waktu lebih banyak dialokasikan untuk diskusi.  Pelatihan akan dilajnjutkan, Minggu 24 Juli 2022, dengan materi lain yang lebih teknis.

Beni Lenggu, peserta kegiatan dari desa Oenaek, dari apresiasinya atas kegiatan hari pertama tersebut mengemukakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi para pengelola BUMDes. 

“Kegiatan pelatihan ini sangat baik diikuti oleh pengelolah BUMDes. Seharusnya peserta lebih banyak dari komponen ini,” Ungkapnya sambil menambahkan bahwa kendala mandeknya BUMDes di desa-desa, factor utamanya adalah SDM pengelolah BUMDes.

Diuraikannya, persoalan SDM pengelolah BUMDes terdiri dari: jiwa bisnis, takut ambil keputusan meskipun sudah ada juknis pengelolaan BUMDes, dan tidak ada koordinasi yang baik antar pengurus. 

“Dulu kita di desa mengeluh dan butuh modal untuk usaha di desa, namun begitu uang dating, kita bingung mengolah, memanfaatkan, bahkan mau menghindar” Demikian Beni, yang menjabat Kaur Keuangan desa Oenaek.

Elias Nadek, utusan tokoh masyarakat desa Tablolong, dengan semangat mengemukakan bahwa dirinya hadir mengikuti pelatihan ini karena ingin membangun semangat pengurus BUMDes desa Tablolong untuk menghidupakan dan mengurus BUMDes sebaik-naiknya demi pembangunan desa. 

“Saya sudah tua, sudah umur 73 tahun, namun mau hadir mengikuti pelatihan ini. Secara fisik, saya sudah tidak kuat, namun secara hati dan otak, saya hadir agar adik-adik, anak-anak pengurus BUMDes bisa urus baik-baik BUMDes. BUMDes harus jalan baik, badan pengurus harus urus dengan baik, pertanggungjawaban harus terbuka dan baik agar masyarakat tetap dukung BUMDes” Demikian opa Elias, sambil memberikan peneguhan bahwa pengurus BUMDes harus berpikir bahwa mereka berperan melayani Tuhan melalui sesama.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari untuk tiap lokasi, di sejumlah kecamatan dalam wilayah kabupaten Kupang, selama masa KKNT-PPM Unwira periode semester genap Tahun Ajaran 2021/2022, merupakan implementasi kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan wajib dalam tema KKNT-PPM Unwira (*).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda