Karhutla Mulai Rambah Padang di Lembata

By Admin HJ 25 Jul 2021, 13:18:17 WIB Daerah
Karhutla Mulai Rambah Padang di Lembata

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) mulai merambah Padang di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Pemadaman kebakaran terkendala peralatan seadanya.

Kini kebakaran hutan dan lahan masih terus meluas karena angin kencang dan cuaca siang yang terik.

Sebanyak 4 titik api atau sekitar 4 Ha lahan di wilayah Baja, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Sabtu (25/7/2021) petang hingga malam hari, terbakar.

Baca Lainnya :

Kebakaran diduga berawal dari pinggir jalan raya yang membelah wilayah Padang tersebut.

Kepala Kesatuan Perlindungan Hutan (KPH) wilayah Lembata, Linus Lawe, menjelaskan, pihaknya bergegas untuk memantau kebakaran hutan dan lahan di wilayah Baja, setelah menerima laporan warga.

"Kami bergegas ke lokasi dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya saja. Kami hanya mampu memadamkan api yan dapat kami jangkau," ujar Linus Lawe.

Menurutnya, pada musim terik dan angin yang cukup kencang saat ini, warga dihimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

"Kondisi Padang rumput yang kering ditopang cuaca terik dan angin kencang memudahkan lahan terbakar sehingga tolong pengguna jalan tidak membuang puntung rokok sembarangan," ujar Linus Lawe.

Kini pihak KPH Lembata terus memantau perkembangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Baja, Kecamatan Omesuri yabg terus meluas. (*S/Hj).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda