Harga Melangit di Akhir Tahun, Diskoperindag Sidak Stok Telur Ayam

By Admin HJ 31 Des 2021, 16:24:30 WIB Daerah
Harga Melangit di Akhir Tahun, Diskoperindag Sidak Stok Telur Ayam

DINAS Koperasi, perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumad (31/12/2021) mengecek stok telur ayam di gudang gudang milik pengusaha.

Sidak yang dilakukan staf pada Dinas Koperindag tersebut menyusul lonjakan tajam harga telur ayam di Lembata, satu pekan belakangan.

Harga telur ayam di Lembata dari kisaran 45 ribu rupiah per Papan, kini menjadi 90 ribu rupiah per papan.

Baca Lainnya :

Kondisi ini memberatkan warga yang bersiap menghadapi akhir Tahun dan menyambut tahun baru.

Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Lembata, Longginus Lega, kepada Media Indonesia, Jumad (31/12) mengatakan pihaknya telah mengecek stok sembako di gudang gudang milik pengusaha, menyusul terjadinya lonjakan tajam harga telur ayam.

"Hasilnya memang stok telur ayam kosong. Saat Kita datangi pengusaha, kita langsung mengingatkan agar tidak menaikan harga telur ayam ketika stok tersedia kembali di gudang," ujar Longginus Lega.

Ia menyebut, lonjakan harga telur ayam ini akibat larangan berlayar yang dikeluarkan otoritas Surabaya, Provinsi Jawa Timur, bagi seluruh kapal termasuk Kapal barang hingga 5 Januari 2022 mendatang.

Pasokan sembako ke wilayah Lembata, berasal dari Surabaya.

Sedangkan, menurut Longginus Lega, kenaikan harga minyak goreng tidak dapat dibendung Pemerintah sebab menyesuaikan harga minyak global.

"Kita memang diperhadapkan pada pilihan sulit, tetapi kita masih bersyukur karena stok minyak goreng masih bisa tersedia. Dilain pihak, daya beli masyarakat kita menurun karena harga melambung," ungkap Longginus.

Harga minyak goreng semula 75 ribu rupiah per liter, kini melonjak tajam hingga 110 ribu rupiah.

Pihak Diskoperindag mengaku tidak dapat berbuat banyak, selain mengikuti mekanisme pasar. (S/Hj).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda