Dibantu Wabup Langoday, Tresia Terima Paokuma Tak Lumpuh Lagi
Humanis

By Admin HJ 04 Jun 2020, 17:23:53 WIB Sekitar Kita
Dibantu Wabup Langoday, Tresia Terima Paokuma Tak Lumpuh Lagi

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Lembata, Doktor Thomas Ola Langoday bersama Tresia Terima Paokuma dan keluarga saat Wabup Serahkan bantuan Kursi Roda


RABU, (4/6/2020), malam.  Yosep Korohama Blikon baru selesai membersihkan rumput, memasukan air di petakan sawah miliknya. Pria paruh baya ini telaten merawat tanaman Padi yang sudah mulai mengeluarkan bulir.   

Baca Lainnya :

Setelah memastikan seluruh petakan sawah di aliri air, Yosep Korohama Kembali ke rumahnya di Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Yosep mengaso sejenak di bale-bale (tempat duduk terbuat dari belahan bamboo-red) yang di buat di samping rumahnya. Iapun menghisap sebatang rokok, ketika Aris anak sulungnya menghidangkan segelas kopi panas.

Sejenak Yosep meminta Aris untuk menghidangkan teh untuk isteri tercintanya yang hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Sudah lebih dari tiga tahun, isterinya, Tresia Terima Paokuma lumpuh. Kaki kanannya tidak dapat lagi digerakan. Hanya dua aktivitas yang bisa dilakukan ibu satu anak ini. Tidur dan duduk di tempat tidur.

Aktivitas lainnya di lakukan Mama Tresi, (panggilan akrab Tresia Terima Paokuma), dengan bantuan Aris, anak sulungnya dan Yosep sang suami.

Kepada humanitarianjournal.com, Rabu (4/6/2020), Yosep Korohama Blikon menuturkan, tiga tahun silam, isterinya yang dikenal rajin itu jatuh di pematang sawah miliknya.

Kemudian ia terjatuh lagi beberapa kali di dalam rumahnya, hingga menyebabkan isterinya itu lumpuh hingga saat ini.

Berbagai jenis pengobatan sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil. Isteri tercintanya itu hanya mampu menjalani aktivitasnya di tempat tidur saja. Tempat tidur itu sesekali di pindah-pindah untuk sekedar menghalau kejenuhan.

Ia berkali-kali meminta dibelikan kursi roda, sekedar membantunya beraktivitas di dalam rumah dan meninggalkan tempat tidur.

Namun, harga mahal sebuah kursi roda, hanya bisa di bayangkan sang suami yang adalah petani.   


Wakil Bupati Thomas Ola Langoday Beri Bantuan Kursi Roda

 

Belum selesai kopi itu diseruput Yosep, Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday, bersama ajudannya muncul di samping rumah. Tampak beberapa ajudan menenteng sebuah dus besar.

“selamat malam tuan rumah. kami mau kunjung Mama Tresi. Benar ini rumahnya?” ujar Wakil Bupati Lembata, Doktor Thomas Ola Langoday.

Yosep Korohama Blikon seolah tak percaya dikunjungi Wakil Bupati Lembata, Doktor Thomas Ola Langoday.

Ia hanya membenarkan. “ia benar Bapak,” kemudian ia mangajak wakil Bupati dan rombongan untuk masuk ke rumahnya yang sederhana itu.

Tanpa sungkan, orang nomor dua di Kabupaten Lembata itu masuk kemudian berbincang dengan rakyatnya. Wakil Bupati itu di temani Lurah Lewoleba Barat, Petrus Yohanes Layir.

“dengan bantuan Bapa Lurah, Dinas Sosial Kabupaten dan Dinas Sosial Provinsi NTT akhirnya saya bisa dapat satu buah kursi roda untuk Mama Tresi. Mudah-mudahan dengan bantuan kursi roda ini bisa meringankan beban mama Tresi dan keluarga. Cepat sembuh dan tetap semangat yah,” ujar Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday lirih.

Mama Tresi yang hanya terbaring di tempat tidur itupun di bopong untuk mencoba kursi roda pemberian Wakil Bupati Lembata itu.

Air mata bahagia bercampur harupun menetes. “terimakasih Bapa Wakil. Sudah mau bantu saya,” ujar Tresia Terima Paokuma.

Kini Yosep Korohama Blikon bisa bernapas legah. Kursi roda yang diidam-idamkannya kini sudah dimiliki. Isterinya sudah boleh beraktivitas di dalam rumah meski berada di atas kuris roda. Yosep pun berikhtiar terus mencari pengobatan demi kesembuhan sang isteri.  

Berkali-kali ia menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati, Thomas Ola Langoday yang sudah membantu meringankan beban keluarganya. (*HJ).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment