Lagu I love You Baby Dinyanyikan Deval Saat Pergi Ke Alam Baka
Tribute To Deval

By Admin HJ 02 Sep 2020, 23:47:53 WIB Seni & Budaya
 Lagu I love You Baby Dinyanyikan Deval Saat Pergi Ke Alam Baka

Keterangan Gambar : Pokar, Icon, Yanti dan Narlon HLF


PARA pemuda berbakat seni tinggi ini memanfaatkan kanal youtube untuk memasarkan karya bermusik dan menghasilkan uang. Sayangnya, belum genap impian itu diwujudkan, Kuasa Tuhan berkata lain.

Kesedihan masih terpancar di wajah para personel HLF yang ditinggal pergi pentolannya, Bone Leonardo Olang atau yang lebih dikenal Deval.

Penyanyi dan musisi muda Lembata berusia 22 tahun itu sangat berbakat. Ia meninggal secara mengejutkan pada Senin (31/8/2020) di RSUD Lewoleba.

Baca Lainnya :

Deval dan kelompok music Hip Hop Lembata Foundation (HLF) mencuri perhatian penikmat music tanah air dengan karya-karya musiknya yang selalu hits terutama di kalangan anak muda.   

Pasca kepergian rekannya itu, kesedihan terus menggelayuti para personel HLF. Merekapun menceriterakan saat-saat menjelang kepergian almahrum Deval.   

Yanti Buran, Penyanyi senior Lembata, baru selesai berkolaborasi music dengan almahrum Deval, tampak sedih.

Air matanya berlinang lalu mengalir deras, ketika diminta untuk mengisahkan saat-saat terakhir bersama almahrum Deval.   

Yanti bersama Deval (almahrum), Icon dan Narlon, tergabung dalam kelompok music Hip Hop Lembata Foundation (HLF). Dua bulan lalu, baru mengeluarkan hits “Sa Rindu Ju Bae”.

Lagu tersebut di rilis di kanal youtube milik Deval, dicipatakan oleh Kapten Purek, kemudian di recycle ulang di Kepo One studio, oleh Narlon, pentolan lain HLF.

“Saya dan Deval nyanyikan bagian chorus, kemudian rap nya diisi Narlon dan icon. Saya te sangka itu lagu terakhir yang kami buat sama-sama,” ujar Yanti Buran lirih, matanya berkaca-kaca.

Kini lagu “Sa Ridu Ju Bae” yang diunggah di kanal youtube milik Deval, melejit hingga ratusan ribu subscribes, like dan komentar.

“Menurut Bapanya Deval, jam 6 pagi, hari minggu tanggal 31 Septermber kemarin, saat Deval sedang dirawat di RSUD Lewoleba, dia masih sempat minta maaf kepada orang tuanya. Dia juga menceritakan biodatanya lengkap. Dia juga sempat bilang dia punya orang tua, kalau uang youtube keluar, dia mau renovasi rumah,” ujar Yani Buran.  

Setelah berpesan, Deval sempat menyanyikan dua lagu saat sedang dirawat di RSUD Lewoleba. Satu lagu gereja dan satu lagu barat.

“saat dia nyanyi lagu I love you baby, dia tarik badan, lalu tertidur. Rupanya dia bukan tidur tapi putus napas,” ujar Yanti Buran berkisah. Ia tak kuasa membendung air matanya yang mulai berderai.

 

“Rhyme and Peace” Untuk Impian Almahrum Deval

Ketika ditemui di Kepo One Studio Musik, Waikomo, Kelurahan Lewoleb Barat, Rabu (2/9/2020), para rekan-rekan Deval, sesama penyanyi Hip Hop Lembata Foundation (HLF) sedang menyelesaikan proses mixing lagu “rhyme and peace”.

Lagu tersebut diciptakan oleh Narlon, Icon dan Pokar Yohanes. Syair lagu tersebut baru selesai dibuat pagi tadi, Rabu (2/9/2020). Take vocalpun di lakukan di studio Kepo one, kemudian Narlon mulai merangkumnya ke dalam proses mixing yang yahuut.

Seperti lagu yang biasa diproduksi kelompok music HLF lainnya, lagu yang diberi judul rhyme and peace, memadukan alunan music yang menghentak, diselingi rap ala Hip Hop.

“sudah. Lagu rhyme and peace sudah selesai. Iramanya mellow diselingi rap. Lagu ini kami persembahkan untuk Deval yang sudah mendahului kami,” ujar Narlon.  

Lagu tersebut akan diputar pada malam ketiga (penebo), peringatan kematian almahrum Deval, kamis (3/9/2020) besok.

“lagu ini berisi doa dan harapan kepada almahrum Deval. Mengenang seluruh karya beliau selama hidupnya bersama HLF,” ujar Icon.    

Icon rekan sesama musisi HLF mengaku, tidak ada kawan lain seperti Deval.

“saya rasa separuh hidup sudah hilang dengan kepergian Deval. Kami akan terus berkarya untuk mewujudkan impian Deval untuk merenovasi rumah. Deval punya cita-cita tu, mau bangun rumah dari dia punya uang youtube,” ujar Icon.

Yanti Buran mengatakan, ia dan rekan musisi di grup HLF sepakat akan menggunakan kanal youtube milik Deval untuk merilis lagu-lagu yang akan terus diciptakan HLF, demi mewujudkan cita-cita almahrum Deval. 

Lain lagi kesan Narlon. Pentolan lain kelompok music HLF ini mengaku tidak dapat berkata-kata tentang almahrum Deval.

“pokoknya Deval itu yang terbaik. Saya tidak bisa omong banyak le,” ujar Narlon.   

Deval bergabung dengan HLF Ketika Narlon masih mengenyam Pendidikan di Makasar. Narlon dan almahrum Deval bersama-sama sejak tahun 2017 saat Narlon Kembali dari Makasar.

“Deval paling jago bikin chorus. Ini jantung dari sebuah lagu. Pemilihan nada-nada music juga dia sangat bagus. Tanpa chorus yang bagus, orang tidak akan dengar lagu kita. Dengan adanya chorus ini, kami bisa buat rap nya. Tanpa chorus, lagu tidak ada arti. Kalau urusan beat music di HLF itu urusan Narlon dengan Irsan,” ujar Narlon.

Selamat Jalan Deval. Bahagia di Surga adik. (*S/HJ).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment